|

6 Cara Menata Ruang Kerja di Rumah Agar Nyaman dan Rapi

 

Sumber: .freepik.com
Suara Sintang - Tren WFH atau work from home memaksa Anda untuk tetap produktif meski dari rumah. Maka dari itu, salah satu cara yang wajib dilakukan adalah menata ruang kerja agar tetap nyaman seperti layaknya sedang di kantor. Bagaimana cara menata ruang kerja yang nyaman untuk membuat para karyawan yang sedang WFH tetap bisa kreatif dan produktif?

6 Cara Menata Ruang Kerja di Rumah Agar Nyaman dan Rapi

Berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan untuk membuat Anda bisa tetap nyaman bekerja di rumah dengan penataan ruang kerja yang tepat.

1. Letak Ruang Kerja

Cara yang pertama adalah dengan memilih ruangan kerja terlebih dahulu. Untuk ruang kerja yang nyaman, Anda bisa pilih beberapa ruangan seperti misalnya di kamar tidur, ruang tamu atau bisa juga memilih di ruang keluarga. Ada baiknya Anda memilih ruang kerja sesuai dengan kebutuhan dan ketersediaan ruangan. Misalnya jika Anda butuh konsentrasi tinggi, maka bisa pilih ruang kerja di kamar. Namun jika memiliki kamar yang tidak terlalu luas, maka bisa pilih ruang kerja di ruang tamu. Kemudian setelah memilih ruang kerja yang tepat, maka pastikan menggunakan berbagai furniture dari Homedoki yang bisa dibeli di Blibli.

2. Pilih Meja dan Kursi yang Tepat

Setelah memilih ruang kerja, maka pastikan Anda tidak boleh sembarangan dalam memilih meja kerja dan kursi. Karena keduanya merupakan alat tempur utama yang membuat Anda tetap nyaman bekerja di dalam ruangan rumah. Anda bisa memilih meja yang disesuaikan dengan luas ruangan yang tersedia.

Gunakan meja rendah jika ingin duduk lesehan atau meja tinggi, jika sering berdiri sambil meregangkan punggung. Saat memilih kursi, jangan hanya karena tampilannya saja namun pilih kursi berkualitas karena berpengaruh pada postur tubuh. Bahkan orang-orang bisa mengalami risiko sakit punggung dan masalah tulang belakang, jika memilih kursi yang salah.

3. Desain Ruangan

Cara menata ruang kerja berikutnya adalah dengan memilih desain ruangan. Seperti misalnya jika Anda memiliki rumah minimalis, maka sebaiknya ruang kerja dibuat juga minimalis dengan cat warna putih dan berbagai ornamen serta furniture berwarna senada. Selain warna putih, Anda juga bisa tambahkan warna hitam pada ruangan minimalis.

Desain ruangan kerja berikutnya bisa juga memilih ruang kerja dengan nuansa klasik dengan menggunakan berbagai furniture dan ornamen berbahan kayu atau bisa juga memilih ruang kerja terbuka yang menyatu dengan ruang keluarga.

4. Pencahayaan Cukup

Pastikan pencahayaan pada ruang kerja cukup dan jika memungkinkan pilih pencahayaan alami. Karena cahaya matahari sangat baik untuk kesehatan dan juga bisa menghemat energi listrik. Adanya jendela dapat membuat Anda bisa memanfaatkan pencahayaan alami dan menyegarkan pikiran sambil mengalihkan pandangan ke luar.

5. Manfaatkan Furniture Multifungsi

Jika memiliki ruangan yang tidak terlalu luas namun tetap ingin menciptakan ruang kerja terkesan nyaman, maka bisa memanfaatkan furniture multifungsi. Karena furniture seperti ini fleksibel untuk digunakan lebih dari satu fungsi. Seperti misalnya menggunakan meja besar yang bisa dilipat dan dijadikan sepaket kursi. Atau lemari gantung untuk menghemat ruangan namun tetap bisa difungsikan untuk meletakkan berbagai barang.

6. Siapkan Perlengkapan Kerja

Sebelum mulai bekerja, pastikan Anda sudah menyiapkan perlengkapan bekerja. Selain itu pastikan barang-barang tersebut disimpan rapi agar jika digunakan kembali keesokan hari, Anda tidak perlu mencari-carinya jika terselip atau hilang.

Menata ruang kerja agar nyaman adalah keharusan agar Anda bisa lebih produktif. Apalagi jika sedang banyak tugas-tugas yang harus diselesaikan, maka sudah pasti cara menata ruang kerja yang tepat akan berpengaruh pada produktivitas dan kenyamanan bekerja seharian.

Jika Anda sedang cari produk-produk perlengkapan ruang kerja, maka pastikan beli dari merek Homedoki. Toko official merk satu ini bisa Anda temukan dengan mudah di Blibli. Anda bisa temukan produk-produk seperti meja, kursi, rak dan masih banyak lagi. Produk yang didapatkan adalah produk original dan memanfaatkan juga berbagai promo yang dihadirkan untuk belanja lebih hemat hanya di Blibli.

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini