|

Petani Cabai di Sintang Panen Raya

SINTANG (Suara Sintang Raya) - Petani Desa Pakak, Kecamatan Kayan Hilir, Kabupaten Sintang Kalimantan Barat, melaksanakan panen raya cabai, yang dihadiri langsung Wakil Bupati setempat.

"Desa Pakak itu merupakan salah satu desa yang menjadi pilot project program pemberdayaan dan peningkatan ekonomi masyarakat (P2Emas)," kata Wakil Bupati Sintang, Askiman di Sintang, Kalimantan Barat, Senin.

Menurut Askiman, komoditi unggulannya yaitu cabai dan sayur - sayuran.

Dikatakan Askiman, Pemerintah Daerah Sintang, melalui dinas persemakmuran akan mendampingi dan membina secara intensif, untuk membantu petani meningkatkan produksi cabai mereka.

Untuk proses pemasaran hasil produk, Askiman mengatakan, kebersamaan kerja masyarakat harus diteruskan dalam wadah yang lebih terorganisir seperti koperasi.

"Ke depannya, saya harap petani cabai di Desa Pakak ini tidak hanya menjual buah cabai segar, tetapi sudah dalam bentuk olahan," kata Askiman.

Ia berjanji nanti Dinas Pertanian yang bantu proses produksi, Disperindagkop yang bantu pemasarannya.

Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Sintang Veronika Ancili menyampaikan bahwa pendampingan oleh penyuluh pertanian akan diintensifkan di desa -desa yang terkena program P2-Emas.

Sementara itu, Kepala Diaperindagkop dan UKM Sintang, Sudirman menyampaikan pembinaan pengurus dan petugas koperasi juga akan ditingkatkan. (ant)
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini