|

Anggota DPRD Kabupaten Sintang Periode 2024-2029 Resmi Dilantik

Anggota DPRD Sintang Periode 2024-2029 dilantik, Senin (9/9/2024). SUARASINTANG/ist
Sintang (Suara Sintang) – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang menggelar Sidang Paripurna dengan agenda Pengucapan Sumpah/Janji Anggota DPRD Kabupaten Sintang Periode 2024-2029. 

Acara yang berlangsung pada Senin, 9 September 2024, di Ruang Sidang DPRD Kabupaten Sintang ini dipimpin oleh Ketua DPRD Kabupaten Sintang Periode 2019-2024, Florensius Roni, bersama Wakil Ketua DPRD Sintang, Jeffray Edward, dan Heri Jambri.

Dalam sidang tersebut, anggota DPRD Sintang periode 2019-2024 resmi diberhentikan melalui Surat Keputusan (SK) Gubernur Kalimantan Barat Nomor 595/PEM/2024 tertanggal 2 September 2024. 

Sementara itu, pengangkatan 40 anggota DPRD Sintang periode 2024-2029 dilakukan berdasarkan SK Gubernur Kalimantan Barat Nomor 596/PEM/2024 pada tanggal yang sama.

Prosesi pengucapan sumpah/janji terhadap 39 anggota DPRD Sintang periode 2024-2029 dipandu oleh Wakil Ketua Pengadilan Negeri Sintang, Imron Rosyadi, S.H. Anggota yang beragama Islam didampingi oleh Nijo, S. Ag, yang beragama Protestan didampingi oleh Pdt. Ildus M. Aras, S. Th, dan yang beragama Katolik didampingi oleh Pastor RD. Leonardus Miau. Proses penandatanganan berita acara pengucapan sumpah/janji dilakukan oleh H. Senen Maryono, Hikman Sudirman, dan Sandan.

Dari 39 anggota DPRD yang dilantik, 35 di antaranya adalah pria dan 4 lainnya wanita. Sebanyak 20 anggota merupakan wajah lama yang kembali terpilih, sedangkan 19 lainnya adalah wajah baru. Di antara anggota wanita, terdapat dua wajah baru, yakni Yuvita Apolonia Ginting dan Erika Daegal Theola, serta dua wajah lama, yaitu Anastasia dan Maria Magdalena.

Namun, Heri Jambri yang hadir dalam sidang paripurna tidak mengikuti prosesi pengucapan sumpah/janji karena telah mengajukan surat pengunduran diri. Pengajuan administrasi pergantian antar waktu untuk penggantinya saat ini sedang diproses oleh KPU Kabupaten Sintang.

Sidang paripurna tersebut juga dihadiri oleh beberapa tokoh penting, termasuk Pj. Gubernur Kalimantan Barat yang diwakili oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Pembangunan dan Ekonomi, Christianus Lumano, Bupati Sintang, Wakil Bupati Sintang, Sekretaris Daerah Sintang, Danrem 121 ABW, Kapolres Sintang, Dandim 1205 Sintang, serta pimpinan perguruan tinggi dan OPD. Di luar ruang sidang, ratusan keluarga dan tim sukses anggota DPRD yang dilantik turut menyaksikan prosesi melalui live streaming yang disediakan oleh panitia.

Setelah pelaksanaan sidang paripurna, acara dilanjutkan dengan pemberian ucapan selamat dan sesi foto bersama. Seluruh rangkaian acara berlangsung dengan aman dan lancar.

Berikut adalah daftar nama 40 anggota DPRD Sintang Periode 2024-2029 beserta asal partai politik dan daerah pemilihan mereka:

Berdasarkan Asal Partai Politik:
•    NasDem: Yuvita Apolonia Ginting, Supriyadi, Indra Subekti, Anastasia, Rudy Andryas, Romeo
•    PDIP: Yohanes Rumpak, Jimi Manopo, Sebastian Jaba, Wardianus, Honoratus Guntur, Agustinus
•    Gerindra: Ardi, Liyus, Ediyanto, Juni, Sandan, Vaulinus Lanan
•    Demokrat: Lusi, Markus Jembari, Hikman Sudirman, Maria Magdalena
•    Golkar: Zeno Zevri Wahyu, Mardiansyah, Toni, Muhammad Ashari
•    PPP: Muhammad Agung Gumiwang
•    PKS: Edy Hartono, Bobby Erianto
•    Hanura: Erika Daegal Theola, Heri Jambri, Yulius, Nekodimus
•    PAN: Senen Maryono, Anton Isdianto, Jhon Xifli
•    Perindo: Andri Sugianto
•    PKB: Muhammad Chomain Wahab, Santosa, Kusnadi

Berdasarkan Daerah Pemilihan:
•    Dapil 1 (Kecamatan Sintang): Yohanes Rumpak (PDIP), Ardi (Gerindra), Muhammad Agung Gumiwang (PPP), Senen Maryono (PAN), Edy Hartono (PKS), Muhammad Chomain Wahab (PKB), Erika Daegal Theola (Hanura)

•    Dapil 2 (Kecamatan Ketungau Hulu, Tengah, Hilir, dan Binjai Hulu): Yuvita Apolonia Ginting (NasDem), Zeno Zevri Wahyu (Golkar), Jimi Manopo (PDIP), Heri Jambri (Hanura), Andri Sugianto (Perindo), Supriyadi (NasDem), Lusi (Demokrat), Liyus (Gerindra), Mardiansyah (Golkar)

•    Dapil 3 (Kecamatan Kelam, Dedai, dan Sungai Tebelian): Sebastian Jaba (PDIP), Bobby Erianto (PKS), Indra Subekti (NasDem), Ediyanto (Gerindra), Toni (Golkar), Yulius (Hanura), Markus Jembari (Demokrat), Anton Isdianto (PAN)

•    Dapil 4 (Kecamatan Kayan Hilir dan Kayan Hulu): Hikman Sudirman (Demokrat), Juni (Gerindra), Anastasia (NasDem), Santosa (PKB), Wardianus (PDIP)

•    Dapil 5 (Kecamatan Serawai dan Ambalau): Rudy Andryas (NasDem), Honoratus Guntur (PDIP), Sandan (Gerindra)

•    Dapil 6 (Kecamatan Tempunak dan Sepauk): Maria Magdalena (Demokrat), Nekodimus (Hanura), Muhammad Ashari (Golkar), Agustinus (PDIP), Romeo (NasDem), Kusnadi (PKB), Jhon Xifli (PAN), Vaulinus Lanan (Gerindra)

Seluruh anggota yang baru dilantik ini diharapkan mampu membawa aspirasi masyarakat Sintang dan melanjutkan tugas serta tanggung jawab dengan penuh dedikasi demi kemajuan daerah. [rls]

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini