|

Bupati Sintang hadiri baksos Desa Bancoh

Sintang (Suara Sintang Raya) - Upaya menggalakan kembali budaya gotong royong, masyarakat bersama Pemerintah Desa Bancoh, Kecamatan Sungai Tebelian melaksanakan kegiatan Bulan Bhakti Sosial yang dihadiri langsung oleh Bupati Sintang, Jarot Winarno, di halaman Kantor Desa Bancoh, pada hari Jumat, (26/10/2018).

Pada kesempatan tersebut, Jarot Winarno menyampaikan turut merasa bahagia dan bangga karena masyarakat desa Bancoh ini dapat menggelar kegiatan bhakti sosial.

"Saya berbahagia, dan rasa semangat lagi, karena masyarakat desa Bancoh dapat menggelar kegiatan bhakti sosial ini sebab kegiatan ini merupakan salah satu upaya kita untuk tetap melestarikan budaya kegotongroyongan kita di masyarakat Desa”, kata Bupati Sintang.

Menurutnya, sambung Bupati Sintang, bahwa  penyelenggaraan Pemerintahan Desa saat ini Anggaran Dana Desa lebih banyak memperhatikan persoalan pemberdayaan masyarakat.

“Dulu Anggaran Dana Desa (ADD) hampir rata-rata fokus kepada pembangunan infrastruktur, tetapi saat ini kita harus mengedepankan pemberdayaan masyarakat dalam menggunakan anggaran desa, seperti contoh kegiatan gotong royong ini, kita menyelesaikan bangunan dengan gotong royong, coba kalau kita bayar orang pasti keluar duit ADD nya lebih besar, ini meminimalisir penggunaan ADD yang berlebihan”, kata Jarot.

Selain itu juga, masih kata Bupati Sintang dalam halnya meminimalisir keuangan desa, kegiatan pemberdayaan masyarakat seperti kegiatan gotong royong ini dapat membuat desa semakin maju.

 “Inilah kerja bhakti gotong royong, inilah yang kita inginkan bersama, karena dengan kebersamaan inilah kita dapat bersatu membangun desa kita cintai ini, kedepan kegiatan-kegiatan di desa harus lebih banyak memperhatikan persoalan tentang pemberdayaan masyarakat”, tambahnya.

“Saya hanya pesankan kepada masyarakat dan Pemerintahan Desa Bancoh, agar dapat memperhatikan empat pesan Presiden Republik Indonesia, yang pertama itu tentukan Produk Unggulan Desa Bancoh ini apa, kemudian dirikan Badan Usaha Milik Desa, ketiga buatlah embung atau penampungan air, dan yang ke empat adalah sarana olahraga desa, ke empat pesan itu haruslah kita laksanakan agar desa kita semakin maju”, pesannya.

Sementara itu, Kepala Desa Bancoh, Suparno mengatakan kegiatan bhakti sosial ini dalam rangka membudayakan kegiatan kegotongroyongan ditengah-tengah masyarakat.

 “Sebenarnya kegiatan ini adalah kegiatan hari jadi Desa Bancoh, akan tetapi kita buatlah semacam kegiatan seperti gotong royong ini biar kita bisa bersama-sama masyarakat membangun desa Bancoh ini”,kata Suparno.

Suparno menjelaskan ada beberapa kegiatan yang dilakukan masyarakat dalam kegiatan Bhakti Sosial ini.

“Kita sudah mengecat bangunan Posyandu dan Pustu, kemudian kita memasang kabel listrik untuk daerah pemakaman, dan yang lain lagi perlu kita kerjakan”, jelasnya.

Penulis: Humas Pemda
Editor: Sahadi

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini