|

Sambut Hari Lansia Nasional, Ini 5 Aktivitas Seru Bareng Kakek dan Nenek Tercinta

Sumber: freepik.com

Tanggal 29 Mei diperingati sebagai Hari Lanjut Usia Nasional untuk menghargai semangat jiwa raga serta peranan penduduk lanjut usia di Indonesia. Untuk memeriahkan sekaligus memberikan apresiasi, kamu bisa meluangkan waktumu di akhir pekan bersama kakek dan nenek, atau bahkan orang tua yang sudah lanjut usia (lansia). Kehadiranmu pasti akan sangat bermakna dan membuat harinya jadi makin berkesan.

Namun, perlu diperhatikan bahwa kakek dan nenek sudah tidak memiliki energi yang sama untuk beraktivitas seperti anak dan cucunya. Oleh karena itu, penting untuk memerhatikan aktivitas yang sesuai untuk kakek dan nenek agar tidak terlalu menguras banyak energi. Selain menjadi kegiatan hiburan, beraktivitas bersama kakek dan nenek juga dapat membantu menjaga semangat dan memperkuat daya ingat mereka. Berikut beberapa rekomendasi kegiatan seru untuk menghabiskan waktu dengan kakek dan nenek:

1. Berbagi resep turun temurun

Masakan dan resep legendaris dari nenek atau kakek selalu berhasil menghangatkan momen kekeluargaan, terutama di hari-hari besar. Cita rasa dan racikan yang autentik menjadi ciri khas dari tiap hidangan yang disajikan. Untuk menghabiskan akhir pekan bersama kakek dan nenek, kamu bisa mengajak mereka untuk memasak makanan andalan sekaligus jadi kesempatan bagi kamu untuk belajar teknik memasak baru. Kamu bisa membantu membelikan bahan-bahan dan peralatan masak dengan mudah melalui berbagai toko, seperti Yogya Online, Meyer Food, Kecipir, Hock, Indomaret, atau berbagai toko swalayan lainnya. Agar makin praktis dan hemat, gunakan ShopeePay sebagai metode pembayaran digital pilihanmu. Untuk memilih peralatan masak, termasuk panci dan teflon, perhatikan untuk membeli peralatan yang tidak berat agar para orang tua bisa memiliki kontrol yang lebih atas barang-barang yang sedang digunakan. 

2. Quality time sembari santai sore dan diskusi ringan

Memiliki teman untuk diajak bicara akan sangat membantu mengobati rasa kesepian dan rasa rindu kakek dan nenek terhadap cucu mereka. Hal ini juga dapat membantu meningkatkan performa daya ingat mereka. Para anak dan cucu bisa menjadi teman ngobrol kakek dan nenek di akhir pekan sembari ditemani makanan sehat ataupun minuman segar dengan pilihan yang bervariatif, seperti Rejuve, Salad Point ID, atau Sour Sally. Dengan adanya makanan, aktivitas mengobrol bersama bisa menjadi lebih hangat dan menyenangkan.

3. Kumpul keluarga secara virtual

Di saat pandemi, orang tua pasti merasa rindu karena tidak bisa sering dikunjungi oleh anak-anak dan cucu-cucunya. Keluarga bisa membuat kumpul-kumpul secara virtual untuk melepas rasa kangen terhadap anggota keluarga lainnya. Acara ini juga dapat mencegah kakek nenek dari rasa kesepian sekaligus mengobati rasa rindu dengan mengobrol bersama orang-orang yang dikasihinya. Para anak dan cucu bisa membantu kakek nenek dengan membelikan paket data untuk ngobrol secara virtual seperti melalui MyTelkomsel ataupun MyXL dan memanfaatkan cashback 30% dengan menggunakan metode pembayaran ShopeePay.

4. Menjalani hobi bersama

Setiap orang pasti memiliki hobi, termasuk orang-orang dengan usia lanjut. Terlebih, mereka memiliki banyak waktu untuk menikmati dan menjalankan hobinya. Kamu bisa mendukung hobi mereka dan membuat mereka menjadi lebih produktif. Contohnya, jika nenekmu memiliki hobi membaca, kamu bisa membelikan beragam buku bacaan sesuai dengan genre yang disenanginya melalui beberapa toko buku, seperti Gramedia atau Books & Beyond. Selain itu, bisa juga menemani kakek nenek yang hobi menonton film dengan memberikan akses subscribe ke Viu. Jangan lupa gunakan ShopeePay sebagai alat pembayaran untuk mendapatkan keuntungan lebih. 

5. Bercocok tanam di pekarangan rumah

Berkebun merupakan aktivitas yang cocok untuk kakek dan nenek karena tidak menguras energi yang terlalu banyak. Aktivitas ini juga bisa dilakukan dengan nyaman bagi kakek dan nenek yang duduk di kursi roda. Kamu bisa mencoba menanam beberapa tanaman sayur yang sederhana atau menata ulang bunga-bunga yang ada di pekarangan rumah. Untuk memudahkan aktivitas berkebun ini, kamu bisa membeli berbagai alat dan keperluan lainnya secara online di Krisbow.

Itulah lima aktivitas yang dapat dilakukan bersama kakek dan nenek tercinta di Hari Lanjut Usia Nasional akhir pekan ini. Manfaatkan kesempatan spesial ini sebagai momen quality time dan kenangan berharga yang pastinya akan sangat berkesan.

[mi2]


Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini